Sabtu, 24 Desember 2016

Bantu Aparat, 35 Ribu Banser Jateng Siap Hajar Provokator Selama Natal


DutaIslam.Com - Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah, mengerahkan 35 ribu personel Barisan Ansor Serba Guna (Banser) se Jawa Tengah, untuk membantu aparat keamanan pada pelaksanaan perayaan Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Sejumlah 35 ribu personel Banser tersebut tersebar di 35 Kabupaten dan Kota yang dikoordinasi oleh masing-masing Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor se Jateng.

Ketua PW GP Ansor Jateng, Ikhwanuddin mengatakan, sesuai instruksi Ketua Umum PP GP Ansor, KH Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Tutut, bahwa Banser harus turut serta menjaga kondusifitas keamanan, dengan catatan jika diminta oleh pihak kepolisian setempat. (Baca: 1,7 Juta Banser Siap Lawan Kelompok Radikal)

“Kita mengerahkan sekitar 35 ribu personel Banser. Masing-masing Kabupaten dan Kota juga telah diminta oleh pihak kepolisian untuk membantu mengamankan sesama warga negara yang akan menjalankan ibadah,” kata Ikhwan, Jumat (23/12/2016).

Ikhwan juga mengimbau pada seluruh personel Banser, agar dalam menjaga keamanan, untuk selalu berkoordinasi dengan aparat Polri dan TNI. Jangan bertindak dengan individu tanpa adanya komando.

“Kami mengimbau pada sahabat-sahabat Banser di lapangan, semua langkah yang dilakukan harus melalui komando pimpinan masing-masing, dan harus berkoordinasi dengan aparat,” tegasnya.

Selain ikut membantu aparat menjaga keamanan lingkungan tempat ibadah, juga diimbau untuk tetap menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing. Utamanya di lingkungan yang warganya juga sedang merayakan Hari Raya.

“Sebab mereka juga merayakan di rumah masing-masing. Ini juga perlu jadi perhatian bersama,” katanya.

Ikhwan juga mengimbau pada masyarakat untuk selalu menjaga toleransi antarumat beragama. Dalam hidup di tengah masyarakat bisa saling menghargai satu sama lain, agar tercipta suasana yang tenteram dan saling mengasihi.

“Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, memberikan kasih sayang pada alam raya. Banser NU harus bisa mewujudkan itu,” tegasnya.

Ia menambahkan, selain mengerahkan personel lapangan dalam kegiatan pengamanan umat lain yang menjalankan ibadah, juga telah menyiagakan personel yang memiliki keahlian di bidang teknologi dan informasi.

“Melalui Ansor Cyber Media, telah diinstruksikan untuk patroli di dunia maya, pihak-pihak yang melakukan provokasi dan penebar kebencian di dunia maya dalam momentul Natal ini, akan kita hajar dan laporkan ke pihak berwajib,” tandasnya.

Ikhwan juga menegaskan, sikap Banser tersebut bukan menjaga Gereja maupun terlibat dalam kegiatan agama lain, namun menjaga kebhinekaan yang menjadi kewajiban tiap warga negara. [dutaislam.com/ hud/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini