Terkait Demo Jumat, KH Baghowi: LBM Jangan Terbawa Arus Politik Fatwa
Cari Berita

Advertisement

Terkait Demo Jumat, KH Baghowi: LBM Jangan Terbawa Arus Politik Fatwa

Jumat, 25 November 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Gus Can sowan ke KH Baghowi Nganjuk, Jatim
(Jumat, 25/11/2016). Foto: Gus Can
DutaIslam.Com - Merespon keputusan PBNU yang mempermasalahkan Jum'atan di jalan raya dan dugaan penistaan agama oleh Ahok, dibarengi dengan adanya niatan kalangan umat Islam yang akan demo bela Islam III pada 2 Desember 2016 dengan aksi menggelar sajadah di Jakarta, KH Baghowi, Mustasyar PCNU Nganjuk, Jawa Timur, meminta supaya PBNU tidak terbawa arus.

Kiai Baghowi menginginkan agar sebelum mengeluarkan kebijakan, terutama yang terkait Syari'at dan Hukum Islam, Lembaga Bahtsul Masa'il (LBM) bisa dioptimalkan fungsinya oleh PBNU dengan baik. Alasannya, supaya NU terhindar dari fitnah di tengah iklim politik yang kian mamanas saat ini.

"Sekarang semakin berat merawat NU. Kita harus kembali kepada pesantren beserta ajaran para kiai NU pendahulu, dan kebijakan-kebijakan NU, terutama dari PBNU, sebaiknya dibahas terlebih dahulu oleh LBM," kata KH Baghowi di rumahnya, Ngajuk, sebagaimana dilansir dutaislam.com dari Gus Candra Malik, Jumat (25/11/2016) malam.

LBM, bagi Kiai Baghowi, adalah lembaga penting di tubuh NU yang menghimpun para intelektual untuk memberikan solusi atas problem masyarakat, utamanya dalam urusan ubudiyah dan fiqih. "LBM itu komplit, cerdas dan mumpuni, layak menjadi benteng pertahanan Ahlus Sunnah wal Jama'ah An Nadhliyah," ujar Kiai Baghowi.

Senada dengan Kiai Baghowi, dalam kesempatan berbeda, Prof Nadirsyah Hosen, juga memiliki harapan agar anggota LBM tidak hanya mahir membaca kitab kuning saja. Menurut dosen senior Ilmu Hukum di Universitas Monash, Melbourne, Australia, itu, LBM juga harus melengkapi kajiannya dengan kajian ilmu sosial.

"Pemahaman kitab kuning kawan-kawan LBM boleh saja ngelotok tapi cara memahaminya masih tradisional dan juga kitab kuning saja tidak cukup," jelas Rais Syuriah PCI NU Australia dan Selandia Baru itu. [dutaislam.com/ ab]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB