Dutaislam.com Mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1439 H. Kamis, 21 September 2017

  • Provokatif dan Radikal Respon Demo, Akun IG Negerisantri Layak Dilaporkan

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Senin, 07 November 2016
    A- A+

    DutaIslam.Com - Jumat, 4 Novemer telah berlalu. Tanggal ini akan menjadi sejarah tersendiri bagi bangsa Indonesia atas aksi damai yang digalakkan oleh muslim yang diwakili beberapa kelompok untuk bela Al Quran.

    Tidak ada yang negatif dalam aksi demo, ini sah-sah saja terjadi. hanya saja kericuhan yang sempat terjadi seolah mencoreng nama islam karena oknum yang memang berniat untuk memecah belah persatuan. Di luar itu, Islam tetaplah agama yang rahmatan lil ‘aalamin. Tetap menjadi agama yang selalu menjujung damai.

    Tidak hanya di dunia nyata yang ramai, di dunia maya pun tak kalah ramai. Semua pemilik akun sosial media berlomba-lomba menyuarakan kebenaran pendapat yang belum tentu benar. Hanya saja keangkuhan opini itu tak bisa menghalangi mereka untuk debat kusir dengan saudaranya, justru inilah yang sebenarnya yang harus ditakutkan. Sebab dari perkara yang menyebar luar di media massa akan menimbulkan konflik massa yang meluas dan tidak bisa dikontrol juga karena sifatnya digital dan massal.

    Selain itu mulai banyak postingan yang di bagikan oleh pengguna sosial media di akun masing-masing secara cepat tanpa ada klarifikasi. Postingan atau meme yang dibuat oleh pengguna akun official yang ternyata malah membuat keadaan semakin keruh.

    Seperti yang sedang meresahkan saat ini adalah akun instagram @negerisantri. Akun ini memilih nama @negerisantri tetapi tidak sama sekali mencerminkan sifat santri dan tradisi ke-pesantrenan yang selalu mengajarkan damai, tabayyun dan tidak berkata kasar.

    Akun @negerisantri ini sudah mulai banyak yang melaporkan kepada instagram karena postingannya yang provokatif. Dia menyudutkan media hingga presiden secara terang terangan. Akun yang katanya negeri untuk santri ini ternyata adalah akun yang dibuat bertujuan untuk bisnis. Begitulah yang saya dapatkan dari sumber yang dipercaya, yang tidak bisa saya sebutkan namanya demi menjaga keamananya dari admin utama yang sudah melenceng niatnya itu.


    Sempat dilakukan jalan damai oleh beberapa teman yang btergabung di AIS Nusantara (Admin Istagram Santri) Nusantara untuk menghapus postingan yang berbau penghinaan atau provokatif. Tapi tetap saja hingga sekarang akun @negerisantri ini semakin bergrilya memosting sesuatu yang sangat provokatif dan bisa menimbulkan konflik.

    Jika saya boleh beropini sebagai orang yang pernah bergelut di media profesional, postingan pemilik akun @negerisantri ini bisa dilaporkan ke polisi karena pencemaran nama baik media. Juga beberapa postingan yang sangat tidak ber-etika.



    Pesan saja untuk semua pengguna media/sosial medua. Jangan sampai karena kecanggihan teknologi dan egoisme diri membuat kita semakin bernafsu untuk berbuat kriminal tanpa mempertimbangkan dampak massa yang akan terjadi.

    Mengajak semua orang yang punya akun instagram untuk melaporkan akun @negerisantri ini agar segera ditindak lanjuti olehi instagram agar sesegera mungkin di musnahkan peredarannya di instagram atau dimanapun.

    Baca:
    Daftar Akun Instagram Santri Nusantara

    Sebagai santri saya sangat tersakiti dan kecewa dengan tindakan yang dilakukan oleh admin @negerisantri yang tidak mencerminkan sifat santri. Untuk itu saya membuat tulisan ini karena saya kecewa dengan sikap admin instagram @negerisantri yang tidak mau menyelesaikan semua persoalan ini dengan damai. Justru semakin gencar membuat isu provokatif tanpa henti. Padahal seorang santri adalah sosok yang selau berada dalam jalur damai.

    Report/pelaporan akun instagram @negerisantri dari teman-teman di instagram sangatlah berarti. Jika yang sudah mem-follow bisa unfollow kemudian report. Jika 1 akar api yang terbakar dipadamkan, maka seluruh akar tidak akan terbakar habis, pohon bisa tumbuh.

    Begitulah analogi yang mungkin bisa mewakili solusi agar sang provokator lekas dibumi hanguskan dari negeri yang damai ini. Mereka sudah melaukan spam ke akun-akun instagram santri lainnya juga soalnya. Lihat foto paling atas postingan ini. [dutaislam.com/ ab]

    Source: Anifa Hambali

    Rubrik:

    digital
    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: