Rabu, 02 November 2016

Mbah Moen: Ahok Sudah Minta Maaf. Jangan Berkiblat Pada Terjemah Al-Qur'an!

mbah moen sarang

DutaIslam.Com - KH Maimoen Zubair sekarang ini adalah ulama sepuhb yang sangat disegani. Beberapa petikan pendapat hasil wawancara ini disajikan Duta Islam untuk dijadikan pedoman bagi umat Islam, utamanya soal kerukunan antar anak bangsa, Indonesia. 

1. Nasab ada dua; keilmuan dan keturunan. Segala pengetahuan maka itu adalah keilmuan. Ukuran keilmuan adalah kembalinya kepada Al-Quran yang utama.

2. Masa sekarang, tidak lagi memikirkan hadist atau bukan. Agama itu rasio. Ada dalil aqli dan naqli. Selama dalil aqli tidak bertentangan dengan naqli, maka bisa dijadikan hukum.

3. Sanad keilmuan itu penting. Karena itu pokok dan menjadi syarat bahwa ilmu itu benar-benar berasal dari Nabi Muhammad, Sang sumber ilmu.

4. Zaman sekarang, banyak orang paham Al-Quran dari terjemahan. Malah terkadang hafal Al-Quran tidak tahu artinya. Dulu, orang hafal Al-Quran pasti alim, tapi sekarang yang hafal Al-Quran umumnya justru malah perempuan. Kita harus hati-hati. Jangan berkiblat pada terjemah Al-Quran atau kitab, apalagi internet.

Baca Duta Islam:
Ada Bau Kemenyan di Aksi Demo 4 November 2016

5. Ini akhir zaman, orang Islam pintar-pintar karena pakai huruf latin atau terjemahan. Jarang sekali ada skripsi pakai Bahasa Arab. Jadi, yang baru harus kita terima, tapi yg dulu harus kita pertahankan. Itu sudah qodho' Allah.

6. Sekarang, tidak ada negara khilafah. Semua negara nasional. Dulu, orang haji semua pakai bendera Islam. Tapi sekarang, semua pakai bendera nasional masing-masing.

7. Kita harus junjung tinggi bangsa ini. Nabi sendiri menjunjung tinggi Bangsa Arab, karena nabi orang Arab. Sehingga Arab menjadi penguasa dan panutan bagi bangsa-bangsa lain.

8. Syiir syubbanul wathon itu karya Mbah Wahab. Saya dapatkan dari abah saya, abah saya dari Mbah Wahab. Pertama kali saya berikan kepada Nusron, ketua GP Anshor saat itu. Karena segala perubahan itu berawal dari anak muda. Indonesia merdeka karena semangat pemuda pada 28 Oktober.

9. Selisih itu bawaan manusia. Kalau ingin maju, buat bersatu tapi tetap boleh beda. Itulah konsep Bhinneka Tunggal Ika. Kalau hanya Islam, tidak akan mampu mempersatukan Indonesia. Nasional harus kita samakan dengan keislaman. Sehingga beda tapi sama, sama tapi beda.

10. Semua agama menunjukkan kebaikan. Sebab agama itu punya 4 titik kesamaan; Pertama, menjaga jiwa. Kedua, menjunjung akal. Ketiga, melestarikan keturunan. Keempat, menjaga bahwa manusia adalah ciptaan Allah yang paling mulia.

11. Ahok sudah minta maaf. Kita minta seluruh umat Islam untuk tenang dan meredam amarah. Jangan dibesar-besarkan. Jika bisa diredam maka persatuan juga bisa dijaga. Jika umat islam Jakarta memang tak mau memilihnya karena faktor agama, ya jangan dibesar-besarkan sehinggu memicu isu SARA.

Ini adalah resume wawancara dengan KH Maimoen Zubair, Sarang, Rembang (Majalah Aula, Edisi November 2016). [dutaislam.com/ ab]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post

12 komentar

kami sebagai ummat beragama yang cinta perdamaian, ahok kami maafkan tapi hukum harus berjalan

memaafkan bkn brrti mmbebaskan dia dari hukum, ketika para nabi/ sahabat menghukum keluarganya sendiri bkn brrt mereka tdk sayang. tp demi tegaknya hukum.
klo kebencian ahok berpengaruh terhadap muslim indonesia. knp harus diam za, kebencian dia trhdp islam itu sungguh nyata. dari mengatur perda yg tdk pro islamis dll.. kasus Almaidah51 hnya lah pencetus puncak amarah, bkn pokok mslh.

Itu bung....yang di maui ulama2 sepuh kita,anda layak dapat bintang.

Webnya lucu "jgn ikut demo bila tak ingin indonesia sprt syuriah" jgn2 lu lagii yg ngirim penyusup. Bhaahahahahha tuh demo biasa2 aja. Ngimpii lu. Ini indonesia,bukan suriah. Rakyatny cinta damai peA.

Lakum dinukum waliadin.
apakah ibadah kita udah bener udah khusyuk?
klau blm jngan sok2an.
Klau udah merasa bener&khusyuk jangan jd sombong&angkuh.
Tolong maknai kt2 ini inshaallah akan ada kedamaian di ht km semua.

Jika memang hukum sebagai tetap hukum tanpa hati dan toleransi, bagaimana tentang perusakan tempat ibadah?
Apa artinya tobat jika tetap harus ke Neraka?
Apa artinya maaf jika tak terampuni.
Bertoleransilah saudaraku jika belum dapat memaafkan. Saya mohon.

Maaf kebencian yg mana ya?? Justru di daerah sini dapat bantuan dari dia utk bangun mesjid merenovasi mesjid, udh gtu jalanan yg rusak serta gang rumah yg rusak dibenerin udh gtu dapat bantuan bpjs serta kjp yg bisa dipakai sampai kuliah. Membenci islam dari mana ya?? Mungkin saya kurang info. Terima kasih

http://kiosdomino.com/2016/11/05/provokator-yang-berteriak-tangkap-dan-bunuh-ahok-di-tampar-malaikat/

Ini baru pernyataan tanpa ada unsur POLITIK.

Ahok harus diproses hukum baru dimaafkan.....mbah Moen tdk bisa dijadikan patokan hukum islam, yg tidak boleh ditentang cuman rosululloh...imam syafii aja punya salah apalagi cuma sekaliber kyai Indonesia...

Taat agama..taat negara..itu bru nmanya islam...orng pinter ikut aturn yg ada..klow ndk puas yaa ndk usah di indonesia..cari sja negara yg lain..brreskan..

Sudah di maafkan, biar proses hukum yang berjalan, karena negara ini berdasar uud45 dan pancasila, bukan negara islam maka semua sama dimata hukum, kira2 demikian maksud mbah kiai. #Maaf kalo salah, karena baru belajar

POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini