Dutaislam.com mengapresiasi batalnya Permendikbud 23/2017 dan Mengutuk Keras Situs Adudomba Milik Kader Muhammadiyah Sangpencerah.id!

  • Inilah Akhlaq: Presiden yang Mendatangi Ulama, Bukan Sebaliknya

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Rabu, 16 November 2016
    A- A+

    DutaIslam.Com - Sebuah pemandangan penuh adab ini ada dalam video Duta Islam yang didapatkan dari seorang kolega. Dalam video tersebut, seorang umaro' (pejabat) yang justru tawadlu' kepada ulama (ahli ilmu pewaris Nabi), bukan sebaliknya.

    Adalah Ramzan Kadyrov, presiden Chechnya yang ketika datang dalam majelis ilmu Habib Ali Al Jufri langsung bersalaman dan tidak meminta Habib (ulama') untuk berdiri, hanya ingin menghormati kehadiran dirinya atas nama umaro'. Subhanallah. Tonton video kedua tokoh Aswaja ini.


    Setelah itu, sang presiden langsung mundur, dan merapat ke barisan jama'ah pengajian yang lain. Lesehan. Masyaallah. Inilah harusnya sikap umaro' kepada ulama. Harusnya pula, ulama tidak perlu mendatangi umaro' hanya untuk mengurus dirinya. Ulama' lah yang harus disowani (ditamu) oleh penguasa.

    Jika Habib Ali Al Jufri adalah ulama' yang takut umaro' karena alasan kuasa, dunia atau pengaruhnya, tentu ia yang akan lebih dulu menyambut Presiden Ramzan Kadyrov. Tapi ternyata tidak. Ini tanda tak terbantah kalau Habib Ali Al Jufri adalah ulamaul khoir dan ulama akhirat, bukan ulama dunia, apalagi ulama politik.

    Beliau adalah contoh ulama akhirat, bukan ulama penjilat yang bisa dibungkam dengan uang dan jabatan serta mencari muka di hadapan pejabat dengan menjual agama dengan dunia yang hina ini.

    Pemandangan tersebut hanya bisa kita temui dalam literatur kitab-kitab salaf berbasis ahlus sunnah wal jamaah yang menceritakan bagaimana seorang pemimpin negara yang tawadhu' mau mendatangi ulama.

    Kita tidak terlalu mengaharap hadirnya pemimpin yang selalu disebut-sebut seperti Sayyidina Umar bin Abdul Aziz. Itu hampir ibarat mimpi dan tamnni. Paling tidak, kita mengharapkan tumbuhnya pemimpin yang menghargai dan menghormati ulama, dan juga mengharapkan hadirnya ulama yang tidak mudah dibeli umaro' su'. [dutaislam.com/ab]

    Rubrik:

    akhlaq
    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: