Dutaislam.com Mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1439 H. Kamis, 21 September 2017

  • Antara Ahok dan Nabi Yusuf

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Jumat, 04 November 2016
    A- A+

    DutaIslam.Com - Ibu kota semakin memanas, pada tanggal 4 November ini umat islam berkumpul, melakukan demonstrasi di balai kota atas nama penistaan agama, karena gubernur Jakarta Ahok keprucut omong dengan mengatakan; "Jangan mau di bohongi pakai ayat Al Maidah 51."

    Video itu diunggah oleh salah satu warga, maka ramailah apa yang terjadi, semacam nggungah macan tidur, begitu katanya. Seandainya Ahok tidak pernah berkata seperti itu, mungkin dia tetap akan memimpin Jakarta dan sulit untuk digulingkan.

    Hal ini juga terjadi pada Nabi Yusuf AS ketika beliau di penjara. Disebutkan dalam kitab Adabud Dunya lil Mawardi begini:

     رُوِيَ أَنَّ يُوسُفَ - عَلَيْهِ السَّلَامُ - شَكَا إلَى اللَّهِ تَعَالَى طُولَ الْحَبْسِ فَأَوْحَى اللَّهُ تَعَالَى إلَيْهِ يَا يُوسُفُ أَنْتَ حَبَسْت نَفْسَك حَيْثُ قُلْت رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إلَيَّ وَلَوْ قُلْت الْعَافِيَةُ أَحَبُّ إلَيَّ لَعُوفِيت. ( آداب الدنيا والدين للماوردي

    Diriwayatkan, Nabi yusuf as mengadu kepada Alah swt karena lamanya ia hidup dalam penjara. Kemudian Allah swt memberi wahyu kepada Nabi yusuf seraya berkata: wahai yusuf, engkau sendirilah yang telah memenjarakan dirimu. Saat itu, ketika engkau berkata "wahai Tuhan, masuk penjara lebih aku sukai". Seandainya saat itu engkau berkata "A'fiyah (perlindungan/ keselamatan/ kesehatan) lebih aku sukai, niscaya aku akan berikan A'fiyah kepadamu.

    Jadi berhati-hatilah dalam mengungkapkan kata. Orang jawa dulu pernah berkata: ajining ati songko lati, ajining rogo songko busono.

    Rasul SAW jauh-jauh hari bersabda :

    قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم «إِنَّ الْبَلَاءَ مُوَكَّلٌ بِالْقَوْلِ» 

    Artinya:
    "Sesungguhnya turunnya bala'/bencana diwakilkan lewat ucapan." [dutaislam.com/ ab]

    Ahmad Zainuddin Bad, Annur 2 Bululawang Malang.

    Rubrik:

    hikamzain
    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: