Tidak Ada yang Menafsirkan Al Maidah 51 Sebagai Gubernur
Cari Berita

Advertisement

Tidak Ada yang Menafsirkan Al Maidah 51 Sebagai Gubernur

Selasa, 18 Oktober 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Oleh Kiai Irwan Masduqi

DutaIslam.Com - Nusron Wahid benar menurut saya. Yang "paling tahu" kebenaran mutlak tafsir Al-Quran hanya Allah dan RasulNya. Para penafsir hanya tahu kebenaran relatif tafsir Al-Quran, bukan kebenaran mutlak. Mengapa relatif (nisbi)? Sebab masing-masing mufassir memiliki subyektivitas, sementara teks Al-Quran itu hamalatul aujuh/muhtamilul aujuh/multiinterpretasi. Dari situlah muncul beragam tafsir.

Dengan demikian, sesama penafsir tidak boleh mengklaim bahwa dirinya yang benar sembari menyesatkan lainnya. Memang ada tafsir bil ma'tsur dari Nabi yang diriwayatkan para sahabatnya, tapi kebanyakan tafsir itu bi ra'yi wal ijtihadi.

Tafsir yang ijtihadi artinya adalah produk pemahaman mufassir (fahmul mufassir) yang bisa benar dan bisa salah. Nah, karena tafsir bersifat ijtihadi, maka para ulama dengan etika tinggi selalu menutup kajian-kajiannya dengan mengucapkan wallahu a'lam bi murodihi, Allah yang lebih tahu maksudnya. Sedangkan para ulama hanya bisa menerka maksud Allah berdasarkan "dzan" atau persangkaan yang kuat. Keterangan inilah yang ada dalam Ulumul Quran atau kitab ilmu-ilmu Al-Quran.

Al-Maidah: 51 ditafsirkan secara beragam karena perbedaan pendapat antar para Sahabat Nabi dan generasi rawi setelahnya, terkait sabab nuzulnya. Ada yang memaknai "auliya" dengan sekutu, teman, dan ada yang memaknai dengan pelindung.

Bahkan ada riwayat dari Ibnu Abbas, penafsir paling otoritatif dari kalangan Sahabat Nabi yang menyatakan bahwa al-Maidah: 51 berkaitan dengan binatang sembelihan orang musyrik. Tidak ada yang menafsirkan sebagai gubernur.

Nusron Wahid juga bisa dibenarkan bahwa kata "auliya" yang ditafsirkan pemimpin hanya dalam terjemah bahasa Indonesia. Dalam bahasa asing menurut kamus Quran di bawah ini, artinya bukan pemimpin.

1. "Auliya" dalam Bahasa Indonesia (pemimpin)
2. Bahasa Jepang : 仲間, baca:nakama, (kawan, sekutu)
3. Bahasa china: 盟友, baca=mengyou, (sekutu)
4. Bahasa Inggris : Allies (sekutu), Friends (kawan)
5. Bahasa Belanda: Vrienden (kawan)
6. Bahasa Jerman: Freunden (kawan)
7. Bahasa Italia: Alleati (kawan)
8. Bahasa Perancis: Protecteurs (pelindung), alliés (sekutu)
9. Bahasa Spanyol : Amigos (kawan)
10. Bahasa Rumania: oblăduitori (wali)
11. Bahasa Bosnia: Zaštitnike (pelindung)
12. Bahasa Azerbaijan: Tutmayın (kawan)
13. Bahasa Bulgaria: ближни, baca:blizhni (tetangga)
14. Bahasa Bengali: বন্ধু, baca: Bandhu, (kawan)
15. Bahasa Turki: Dost edinmeyin (berkawan)
16. Bahasa Denmark: Venner (kawan)
17. Bahasa Swahili: Marafiki (kawan)
18. Bahasa Albania: Miq (kawan)
19. Bahasa Portugal: confidentes (orang terpercaya)
20. Bahasa Melayu: Teman rapat,
21. Bahasa Korea, Persia, Urdu semua menterjemahkan sebagai kawan.

Silakan cek daftar terjemah di atas di dua situs:
1. http://www.e-quran.com/language/index.html
2. http://www.theholyquran.org/

Kata auliya diterjemahkan sebagai sekutu atau pelindung atau kawan disebabkan karena mengacu pada sabab nuzul bahwa ayat tersebut turun saat kaum Muslimin kalah perang di Uhud, sehingga mereka berinisiatif bersekutu dan mencari perlindungan dari orang Yahudi dan Nashrani, tapi Allah melarangnya sebab pada saat itu mereka terbukti melanggar perjanjian dengan kaum Muslimin.

Dalam momentum lain, Rasulullah mengizinkan para sahabatnya hijrah ke Ethiopia untuk mencari perlindungan dari Raja Najasyi yang notabene pemeluk Nashrani yang adil.

Tapi, al-Maidah 51 rawan dipolitisasi (tasyis al-nushush) dengan argumentasi bahwa menjadikan kawan/sekutu/pelindung saja tidak boleh, apalagi menjadikan pemimpin/gubernur non muslim?

Politisasi terhadap ayat ini telah terjadi cukup lama dalam sejarah kebudayaan Islam. Para ulama dari sejumlah madzhab fikih juga menafsirkannya secara politis untuk melarang mengangkat pemimpin dari golongan non-muslim. wallahu a'lam [dutaislam.com/ ab]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB