Minggu, 16 Oktober 2016

Rahasia Rizki Bertambah Banyak


DutaIslam.Com - Agar rizki bertambah banyak dan melimpah berkah, simak hadits sahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"إنّ اللهَ تَعالى يُنْزِلُ الرِّزْقَ عَلَى قَدْرِ الْمُؤْنَةِ، وَيُنَزِّلُ الصَّبْرَ علىَ قَدْرِ البَلاَءِ".

Sesungguhnya Allah ta’ala akan menurunkan rizki seseorang sesuai dengan biaya yang dibutuhkan, dan menurunkan kesabaran sesuai dengan malapetaka yang menimpa. (HR al-Bazzar, Kasyf al-Astar [1506]).

Maksud hadits ini, Allah akan membantu rizki seseorang sesuai dengan kadar biaya yang diperlukan. Semakin banyak keluarga yang menjadi tanggungannya, semakin mudah pula rizki yang diberikan oleh Allah kepadanya.

Dulu ada seorang santri yang mengadu kepada gurunya, karena kesulitan ekonomi yang menghimpit kehidupannya. Ternyata sang guru menyuruhnya untuk menikah. Murid itu heran, sedangkan ia untuk membiayai dirinya saja tidak mampu, justru disuruh menikahi wanita yang akan menjadi tanggungannya. 

Akan tetapi murid itu menjalankan saran gurunya. Kemudian karena kesulitan ekonomi tidak kunjung pergi, ia mengadu lagi kepada gurunya. Ternyata gurunya menyuruhnya untuk menempati sebuah rumah, dan menyuruhnya untuk memelihara hewan ternak serta memanggil pembantu untuk bekerja kepadanya. 

Ternyata setelah murid ini melakukan semua saran gurunya, Allah melapangkan rizkinya setelah itu. Sepertinya gurunya mengambil saran tersebut dari hadits di atas. Seseorang semakin banyak tanggungan dalam keluarganya, semakin banyak pula rizki yang diberikan oleh Allah kepadanya. (Syaikh Abdullah bin Sa’id al-Lahji, Muntaha al-Sul ‘ala Wasail al-Wushul, juz 3 hlm 331). [dutaislam.com/ ed]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini