Minggu, 23 Oktober 2016

Pendataan Nama-Nama Wali di Jepara

makam ratu kalinyamat jepara

DutaIslam.Com - Sehubungan dengan akan dilaksanakannya “Tawasullah Waliyullah Jepara dan Haul Massal” dalam agenda Hari Santri Nasional oleh PCNU Jepara dengan tim Sarkub (Sarjana Kuburan) dan Jamiyatul Qurra’ wal Huffadz (JQH) NU Jepara, yang akan dilaksanakan di Tengguli, Bangsri, Jepara, pada Rabu (26 Oktober 2016), panitia bermaksud ingin mendata semua nama wali atau cikal bakal di masing-masing desa yang ada di Jepara.

Yang sudah kami catat (per 25 Oktober 2016), baru ada 423 nama makam wali dan cikal bakal yang ada di seluruh desa wilayah Jepara. Di kecamatan Bangsri ada 19 wali, yang belum ada dari desa Kepuk dan Sri Kandang. Dari Kecamatan Batealit baru terdata ada 12 nama, yang belum dari Geneng, Mindahan, dan Samosari.

Di Kecamatan Donorojo baru ada daftar nama 4 wali. Yang belum masuk catatan kami adalah nama wali atau cikal bakal dari Desa Clering, Jugo dan Sumber Rejo.

Sementara, yang suah lengkap adalah makam-makam di Kecamatan Jepara Kota. Nama wali yang tercatat sudah ada 54 nama dari masing-masing desa yang berjumlah 16 desa itu. Kecamatan Jepara ini yang paling lengkap di data kami.

Sementara di Kecamatan Kalinyamatan baru ada 29 nama wali atau cikal bakal dari 14 desa yang ada. Masing-masing desa sudah ada data makam leluhurnya. Lengkap. Dari Karimun Jawa, ada 3 nama wali dari 3 kelurahan berbasis pulau (kecuali desa Parang yang belum kami dapatkan datanya).

Di Kedung, baru ada 38 nama leluhur dan wali dari total 18 desa yang ada. Yang belum tercantum adalah nama leluhur dari Desa Kalianyar, Panggung, Rau dan Tanggultlare.

Sementara di Kecamatan Keling, baru tercatat 9 makam dari total 12 desa di sana. Yang lain masih kosong, yakni Desa Kaligarang, Kelet dan Tempur.

Di Kecamatan Kembang, baru ada 10 nama wali dari 11 nama desa di Kembang. Selain itu, yang kosong nama wali adalah dari Desa Bucu, Dermolo, Dudakawu, Kancilan, Pendem dan Sumanding. Di Kecamatan Mayong baru ada 26 nama wali dari 18 desa, kecuali Pelang, Pelemkerep dan Rajekwesi.

Dari Mlonggo, baru 8 makam. Itu selain dari Desa Jambu Timur, Mororejo dan Suwawal. Begitu pula di Kecamatan Nalumsari, baru ada 15 makam + 7 makam dari 14 desa yang ada. Yang belum ada adalah: Bategede, Bendanpete, Bimibing Rejo, Dorang, Jatisari, Karang Nongko, Muryolobo, Ngetuk, Pringtulis dan Tanggulpandean.

Di Kecamatan Pakis Aji, baru 5 nama makam terdeteksi dari total 18 desa. Adapun dari Desa Lebak, Mambak, Plajan, Slagi dan Tanjung belum kami dapatkan infonya. Dari Kecamatan Pecangaan yang jumlah desanya ada 12, baru terdata ada 18 makam keramat. Itu selain dari daerah Gemulung, Krasak dan Ngeling.

Paling lumayan lengkap setelah Kecamatan Kota adalah Tahunan. Dari 15 desa di sana, tercatat 41 + 10 (yang masih samar) nama makam keramat para wali. Yang belum ada datanya, hanya dari Desa Senenan. Sementara, dari Kecamatan Welahan, sudah ada 45 nama wali yang kami catat dari total 15 desa di Welahan.

Hanya ada 3 desa yang data makam keramatnya belum ada di database makam wali ini, yakni Gedangan, Kedungsari dan Ketileng Singolelo. Lebih detail, Anda bisa baca daftar makam se-Jepara yang sementara kami dokumentasikan ini di link: http://bit.ly/walijepara.

Semua nama-nama wali di atas akan disebut tanpa kecuali dalam agenda "Tawasulan Waliyullah dan Haul Massal", bersama dengan nama-nama arwah peserta ruwahan massal menjelang acara "Maulid Kebangsaan: Baiat 1000 Santri Cinta NKRI" pada Kamis malam, 27 Oktober 2016, bersama Habib Luthfi bin Yahya di Masjid Baiturrahim, Tengguli, Bangsri, Jepara.

Untuk kelengkapan data tawasul wali itulah, panitia berharap kepada Anda yang membaca pesan ini untuk mengirimkan nama cikal bakal atau wali dari desa masing-masing.

Ada 10 Hafidz Al-Qur’an dari JQH NU Jepara yang akan membacakan 30 juz glondongan pada Rabu, 26 Oktober 2016 pagi hingga sore. 4 diantaranya adalah hafidzoh usia sekolah. Yang ingin disebutkan ahli warisnya juga masih ada kesempatan.

Silakan kirim nama-nama wali di desa Anda (boleh lebih dari satu) ke email Duta Islam di redaksidutaislam@gmail.com, atau tulis di kotak komentar di bawah ini.

Sebutkan desa, nama wali, lokasi makam, dan (kalau ada) nama juru kuncinya, untuk kemudian hari kami bisa tulis sejarahnya agar jadi uswah hasanah generasi sekarang. Terimakasih. [dutaislam.com/ tim sarkub jepara]. 
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post

7 komentar

Boleh minta daftar nama nama walinya ? Swun.

Mbah ronggo kusumo dari manyargading kalinyamatan mas..

Damarwulan ada beberapa. Salah satunya mbah Bedul/mbah abdullah mangkli damarwulan

Mbah sentono dari desa srobyong

wsli desa NGELING mbvtimbang mb saridah mb talon mb sungkan

Desa Tunahan, Mbah Maksum, juru kunci mbah sasmudi

POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini