Rabu, 07 September 2016

Usia Umat Islam Hanya 1500 Tahun Sejak Nabi Diutus?


DutaIslam.Com - Berawal dari diutusnya Rasulullah di akhir zaman, para ulama ada yang menafsirkan bahwa masa akhir zaman tidaklah lama. Dalam sebuah hadis, Nabi menyebut masa umat Islam diantara umat lain sebelumnya adalah seperti waktu Ashar ke Maghrib (HR al-Bukhari). Dari hadis ini, al-Hafidz Ibnu Hajar berkata:

ﻭاﺳﺘﺪﻝ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺑﻘﺎء ﻫﺬﻩ اﻷﻣﺔ ﻳﺰﻳﺪ ﻋﻠﻰ اﻷﻟﻒ ﻷﻧﻪ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺃﻥ ﻣﺪﺓ اﻟﻴﻬﻮﺩ ﻧﻈﻴﺮ ﻣﺪﺗﻲ اﻟﻨﺼﺎﺭﻯ ﻭاﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭﻗﺪ اﺗﻔﻖ ﺃﻫﻞ اﻟﻨﻘﻞ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻣﺪﺓ اﻟﻴﻬﻮﺩ ﺇﻟﻰ ﺑﻌﺜﺔ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻧﺖ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺃﻟﻔﻲ ﺳﻨﺔ

Hadis ini dijadikan dalil bahwa umat Muhammad akan tetap ada lebih dari 1000 tahun. Sebab masa Yahudi adalah 2x lipat dari masa Nasrani dan Islam. Ahli sejarah sepakat bahwa masa Yahudi sampai diutusnya Nabi shalla Allahu alaihi wa sallama adalah lebih dari 2000 tahun (Fathul Bari 4/449)

Disabdakan dalam hadis lain:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إنّ الله لن يعجزني في أمّتي أن يؤخّرها نصف يوم قيل: كم نصف ذلك اليوم، قال: خمسمائة سنة .

Sabda Nabi: "Allah tidak akan membuatku lemah di dalam umatku, untuk diakhirkan setengah hari". Berapakah setengah hari? Ia berkata: "500 tahun" (HR Abu Nuaim. Redaksi lain diriwayatkan Abu Dawud dan Ahmad)

Dari beberapa riwayat ini al-Hafidz as-Suyuthi berkesimpulan:

 قال الإمام السيوطي: الذي دلّت عليه الآثار أنّ مدة هذه الأمّة تزيد على الألف ولا تبلغ الزيادة خمسمائة أصلاً (رسالة: الكشف عن مجاوزة هذه الأمّة الألف).

"Berdasarkan petunjuk dari beberapa dalil bahwa umat Muhammad ini akan melewati 1000 tahun dan tidak akan bertambah dari 500 tahun" (al-Kasyf an Mujawazat Hadzihi al-Ummah al-Alf)

Namun al-Hafidz Ibnu Hajar menyampaikan atsar lain yang menunjukkan hidup ini tidak berakhir secepat 1500 tahun:

 ﻭﻗﺪ ﺃﺧﺮﺝ ﻣﻌﻤﺮ ﻓﻲ اﻟﺠﺎﻣﻊ ﻋﻦ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻧﺠﻴﺢ ﻋﻦ ﻣﺠﺎﻫﺪ ﻗﺎﻝ ﻣﻌﻤﺮ ﻭﺑﻠﻐﻨﻲ ﻋﻦ ﻋﻜﺮﻣﺔ ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﻛﺎﻥ ﻣﻘﺪاﺭﻩ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﺃﻟﻒ ﺳﻨﺔ ﻗﺎﻝ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻣﻦ ﺃﻭﻟﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮﻫﺎ ﻳﻮﻡ ﻣﻘﺪاﺭﻩ ﺧﻤﺴﻮﻥ ﺃﻟﻒ ﺳﻨﺔ ﻻ ﻳﺪﺭﻱ ﻛﻢ ﻣﻀﻰ ﻭﻻ ﻛﻢ ﺑﻘﻲ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

Ma'mar meriwayatkan dalam al-Jami' dari Ibnu Abi Najih, dari Mujahid, Ma'mar berkata dari Ikrimah dalam firman Allah "...Dalam sehari yang kadarnya adalah 50 ribu tahun..." [al-Maarij: 4]. Ikrimah berkata: "Dunia sejak awal hingga akhir adalah sehari yang kadarnya adalah 50 ribu tahun. Tidak ada yang tahu sudah berapa tahun terlewati dan masih sisa berapa tahun lagi kecuali Allah" (Fathul Bari, 11/352)

Ma'ruf Khozin, anggota di Aswaja NU Center Jatim
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini