Dutaislam.com Mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1439 H. Kamis, 21 September 2017

  • STKIP Muhammadiyah Jadi Perguruan Tinggi Islam Pertama di Batang

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Sabtu, 03 September 2016
    A- A+
    Drs H Nasihin MH Sekda Batang (kiri) saat menyampaikan sambutan.
    DutaIslam.Com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Batang, Jawa Tengah, menjadi perguruan tinggi Islam pertama di Kabupaten Batang. Sebab, dari dulu sampai sekarang belum ada kampus berdiri di Kabupaten Batang.

    Hal itu diutarakan Sekda Batang Drs H Nasihin MH saat memberi sambutan dalam visitasi STKIP Muhammadiyah Batang yang dihadiri Tim Visitasi dari Kemenristekdikti, Kamis (1/9/2016).

    “Hari ini menjadi sejarah, karena di Batang ini belum ada satupun perguruan tinggi berdiri, baik itu sekolah tinggi, akademi, institut apalagi universitas,” beber dia.

    Nasihin juga mengatakan bahwa proses awal kali diusulkan ke Kemenristekdikti hampir lima tahun terhitung tahun 2011 sampai tahun 2016 ini. Namun pada Kamis (1/9/2016), baru bisa dilaksanakan visitasi sebagai langkah akhir untuk mendapatkan izin operasional atau SK dari Kemenristekdikti.

    Tak hanya dari Tim Visitasi Kemenristekdikti, hadir pula perwakilan dari Kopertis Wilayah VI dalam visitasi tersebut. Kegiatan itu diikuti sejumlah elemen, mulai dari jajaran senat, perwakilan Muhammadiyah setempat, tamu undangan, kaprodi dan sekprodi serta dosen tetap dan sejumlah sivitas akademika STKIP Muhammadiyah Batang di Jalan Tersono-Limpung, Batang, Jawa Tengah.

    “Salah satu latar belakang berdirinya STKIP Muhammadiyah Batang ini adalah berangkat dari Alquran pada Surat Almujadalah, yang menganjurkan untuk memuliakan ilmu. Selain itu lagu Sang Surya dan lagu Indonesia Raya juga menjadi dasar kami untuk mendirikan kampus,” beber Nasihin yang juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batang tersebut.

    Dalam kesempatan tersebut, jajaran senat menawarkan dua program studi yang dinilai oleh tim dari Kemenristek Dikti. Kedua prodi tersebut adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

    Kedua prodi tersebut jika tak lama lagi mendapatkan izin operasional dari Kemenristekdikti akan dibuka dan siap menggelar perkuliahan di tahun depan. [dutaislam.com/ibda/HI].
    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: