Rabu, 07 September 2016

Doa Sholat Istikharah Lengkap Dengan Cara Baca Audio


DutaIslam.Com - Shalat Istikharah merupakan shalat sunnah dengan jumlah dua rakaat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kebaikan kepada Allah SWT, misalnya untuk meminta 1 diantara 3 calon jodoh yang akan dinikahi. Atau, bingung meneruskan kuliah dimana, sholat istikharah bisa dikerjakan untuk meminta yang terbaik kepada Allah.   

Sholat Istiqoroh (tulisan yang benar istikharah atau istikhoroh) sangat penting sebagai solusi kebingungan-kebingungan duniawi dan ukhrawi. Sebab, kadang apa yang kita anggap baik, belum tentu di kemudian hari baik apa adanya. Apa yang kita anggap buruk, seringkali kenyataannya tidak selalu demikian. 

Karena itulah, manfaat shalat istikharah sangat berpengaruh terhadap masa depan keputusan yang kita ambil saat ini. Nabi Muhammad Saw bersabda: "Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat sunah dua rakaat bukan wajib, kemudian bedoalah meminta kepada Allah (HR. Bukhari)”. 

Waktu sholat istikhoroh itu bisa dilakukan siang atau malam hari. Namun lebih utama dikerjakan pada saat manusia-manusia lain sedang terlelap, yakni di waktu sepertiga malam setelah Anda mengerjakan sholat Isya. Antara pukul 00.01-03.30 waktu Indonesia.  

Cara sholat istikharah sama dengan sholat wajib. Cuma, ia hanya dikerjakan 2 rakaat. Setelah membaca Al-Fatihah pada waktu i'tidal rakaat pertama, sebaiknya Anda memilih membaca surat Al-Kafirun. Selanjutnya, pada rakaat kedua setelah al-Fatihah, surat yang dibaca adalah Qulqu atau Al-Ikhlash. Dilanjutkan ruku, i'tidal, sujud, lalu diakhiri salam. 

Niat Sholat Istikharah
Ini bacaan niat Sholat Istikharah yang kami kutip dari beberapa kitab fiqih shalat ulama salaf ahlussunnah wal jama'ah. 



Cara baca:
"USHALLI SUNNATAL ISTIKHAAROTI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA”. 

Dalam hati, Anda memantapkan artinya: 
"Aku niat shalat sunah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala."

Doa Setelah Shalat Istikharah Terlengkap
Doa sholat istikhoroh ini Anda baca setelah selesai sholat istiqoroh dan dzikir-dzikirinya, yakni istighfar (membaca astaghfirullah), sholawat nabi, tahmid (membaca alhamdulillah), tasbih (subhanallah) sebanyak-banyaknya, dan mengirim al-Fatihah kepada ayah-ibu, kakek-nenek dan guru-guru yang sudah meninggal. Insyallah sampai dan harapan Anda didengarkan mereka di alam barzakh. 

Berikut ini adalah doa sholat istikhoroh yang mutawatir diriwayatkan langsung dari Rasulullah oleh sahabat Jabir bin Abdullah: 

Kami foto dari kitab Ta'birur Ru'ya yang biasa dikaji di pesantren
Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku berbisik mendalam kepada Mu, dengan ilmu Mu. Aku juga meminta ketentuan yang baik atas kuasa Mu, dan aku memohon kepada Mu dari anugerah Agung Mu. Sesungguhnya Engkau berkuasa dan aku tidak. Engkau lebih tahu dan aku tidak. Dan Engkau Maha Tahu dari segala yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara yang sedang saya hapai ini (sebutkan hajatnya) baik bagiku, duniaku, kehidupanku dan akhir dari keputusanku ini, maka takdirkanlah itu padaku, lapangkanlah jalan nya padaku serta berkahilah. Dan jika menurut Engkau perkara yang sedang saya hapai ini (sebutkan hajatnya) tidak baik bagiku, duniaku, kehidupanku dan akhir dari keputusan nantinya, maka jauhkanlah ia dariku, dan jauhkan aku darinya juga. Kemudian takdirkanlah kepada sesuatu yang baik dan ridloi lah, Ya Allah ya Kariiim"

Cara membaca:
ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU, WA A'LAMU WA LA A'LAM. WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUB. ALLOOHUMMA INGKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO -(LALU MENYEBUT HAJATNYA)- KHOIRUN LII FII DIINII WA DUNYAYA WAMA'AASYII WA QIBATI AMRI, FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI. WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO -(LALU MENYEBUT HAJATNYA)- SYARRUN LII FII DIINII WA DUNYAYA WAMA'AASYII WA QIBATI AMRI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU. WAQDURL LI ALKHOIRO HAITSU KAANA TSUMMARDLINII BIHI YAA KARIIM.

Jika Anda masih ragu cara bacanya, klik listen in browser dari akun Souncloud Duta Islam tentang doa istikharah. Dengarkan sambil tetap scroll ke atas melihat foto doa istikharah yang sudah kami sebutkan.

Catatan: 
Lakukanlah sholat istikharah ini setiap malam hingga ada getaran dari hati Anda yang terdalam untuk melakukan sesuatu yang lebih mantap daripada sebelumnya. Paling tidak dilakukan selama 3 hari. Jika masih belum ada pencerahan di hati, mana yang harus dipilih, lakukan hingga 7 malam. 

Untuk lebih memantapkan hati, sebelum sholat istikharah, lakukan sholat hajat dua rakaat. Tidak semua tanda dari Allah berupa mimpi. Allah bukan saudara Anda, jika mengharap mimpi sehabis sholat istikharah, itu artinya sama saja mendekte Allah sebagai bawahan. Allah punya cara yang terbaik untuk memberikan petunjuk bagi hambanya yang sedang kebingungan. [dutaislam.com/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini