Alhamdulillah, Lagu Mars NU Hubbul Wathan Jadi Lagu Nasional
Cari Berita

Advertisement

Alhamdulillah, Lagu Mars NU Hubbul Wathan Jadi Lagu Nasional

Senin, 15 Agustus 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
DutaIslam.Com – Direktorat Jenderal Kepahlawanan dari Kementerian Sosial tengah menyiapkan pengukuhan enam lagu perjuangan nasional baru. Salah satunya, lagu berjudul “Hubbul Wathon” ciptaan mendiang KH Abdul Wahab Chasbullah, atau dikenal dengan Mbah Wahab. Dia salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yang diangkat menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Lagu ini diciptakan Mbah Wahab sekitar 1916, di masa aktif dalam dunia pergerakan kebangsaan di Surabaya, Jawa Timur. Lagu ini selalu dinyanyikan siswa atau santri Madrasah Nahdlatul Wathon, saat sekolah itu masih berdiri di Surabaya.

"Dirjen Kepahlawanan Kemensos kini tengah menyiapkan enam lagu perjuangan nasional baru, salah satunya Syubbanul Wathon ciptaan Mbah Wahab," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Haul ke-45 Mbah Wahab di Pondok Pesantren Tambak Beras, Jombang, Provinsi Jawa Timur. Acara berlangsung pada Sabtu malam, 13 Agustus 2016.

Namun karena akan menjadi lagu nasional, lagu tersebut harus digubah. Sebab, lagu pembangkit nasionalisme di kalangan santri dan kaum muslim pada masa perjuangan itu, menggunakan bahasa Arab. "Sudah disiapkan aransemen dan partiturnya," tutur Ketua Umum Muslimat NU ini.

Mewakili pemerintah, Khofifah meminta persetujuan dari keluarga Mbah Wahab atas rencana pengukuhan lagu Hubbul Wathon menjadi lagu perjuangan nasional. "Kalau disetujui keluarga, penetapan Hubbul Wathon sebagai lagu perjuangan nasional akan dilaksanakan pada Hari Pahlawan 10 November 2016 nanti," ucap Khofifah.

Untuk pelanggan Telkomsel dapat mengaktifkan lagu nasional Hubbul Wathon dengan menekan *121*72*6#. [dutaislam.com/ ab]

Source: VIVA.co.id
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB