KH Maimun Zubair: Jangan Tambahi Takbir Dengan "Walau Karihal Munafiqun"
Cari Berita

Advertisement

KH Maimun Zubair: Jangan Tambahi Takbir Dengan "Walau Karihal Munafiqun"

Rabu, 06 Juli 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kata selamat idul fitri 2016

DutaIslam.Com - Saat itu malam Kamis Legi, 24 September 2015/ 10 Dzul Hijjah 1436 H, setelah Isya di Musholla Al-Anwar ada takbiran. Para santri membaca takbir, dan ketika membaca:

* الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه، مخلصين له الدين، ولو كره الكافرون....

tepatnya pada kalimat ولو كره الكافرون, sebagian dari mereka menambahi dengan ولو كره الكافرون، ولو كره المشركون، ولو كره المنافقون

Syaikhuna yang waktu itu ada di ruang tamu mendengar hal itu, memanggil salah satu santri ndalem kemudian beliau mengatakan:

Cong, sing moco takbir kandani, lafale iku cukup (Nak, yang membaca takbir diberi tahu, lafadznya cukup): ولو كره الكافرون. Ojo muk tambahi (jangan ditambah) ولو كره المنافقون.

Pada berbagai kesempatan, Kanthongumur bertanya tentang hal itu, dan beliau menjawab: Yen pengen nambahi yo cukup ditambah (kalau ingin menambahi, cukup dengan ditambah) ولو كره المشركون

Kerono sing kewarid nang qur’an iku mung loro, yoiku (karena yang ada di dalam Al-Qur'an itu hanya dua, yaitu: ولو كره الكافرون karo (dan) ولو كره المشركون. Dene (adapun) ولو كره المنافقون ora ono nang qur’an (tidak ada di dalam Al-Qur'an).

"Wong munafiq iku senajan haqiqote wong kafir, namung mlebu barisane wong Islam lan ngetokake islame, kerono iku ojo dimungsuhi senajan gething. Yen dimungsuhi, lak podo dene mungsuhan karo podo islame".

(Orang munafiq itu walaupun haqiqotnya orang kafir, namun masih termasuk barisan orang Islam dan mereka memperlihatkan islamnya, karena itu, jangan dimusuhi walaupun mereka memusuhi. Kalau dimusuhi, sama saja bermusuhan dengan sesama muslimnya).

Dalam berbagai kesempatan beliau mengatakan (tarjamah bahasa Indonesia):

Al-Qur'an memang memerintahkan untuk berjihad dan keras terhadap orang kafir dan munafiq. Tetapi Nabi pun mempunyai politik sehingga raja-raja kafir pada zaman itu mengirimkan hadiah berupa unta, kuda, bighol dan himar. Bahkan raja mesir Muqowqis mengirimkan hadiah berupa wanita cantik, Maria Al-Qibthiyyah yang kemudian menjadi istri Nabi. Pernikahan ini menurunkan seorang putra bernama Ibrohim.

Sedangkan orang munafiq, ketika mereka ikut dalam sebuah peperangan, seperti perang badar, peperangan itu dimenangkan oleh pihak muslimin. Sedangkan saat perang uhud, dan orang-orang munafiq mengundurkan diri tidak mengikuti perang, pihak muslimin mengalami kekalahan, walaupun awalnya menang.

Hal itu pun disebabkan turunnya para pemanah dari bukit uhud, setelah melihat kemenangan dan mereka melihat ghonimah dan di saat sebagian shohabat mengatakan: "apakah tidak kami perangi orang-orang munafiq itu?", Nabi bersabda:

لو قاتلتهم لقالوا إن محمدا قاتل أصحابه.

"Andaikan Saya memerangi mereka, niscya mereka berkata: sesungguhnya muhammad memerangi para shahabatnya".

Bahkan Abdulloh bin Ubay bin Salul, pemimpin orang munafiq, setelah meninggal digali kuburnya dan diluluri air liur Nabi serta dikafani dengan kain dari Nabi. Hal itu dijelaskan dalam kitab Syajarotul Maarif.

Tetapi Abdulloh bin Ubay tidak dishalati oleh Nabi karena ada larangan dari Al-Qur'an:

ولا تصل على أحد منهم مات أبدا ولا تقم على قبره (التوبة:84).

Syaikhuna Maimoen Zubair sangat hati-hati dalam hal ini, beliau mengatakan: Orang munafiq itu terkadang masih diampuni oleh Allah, seperti dalam Al-Qur'an:

وأخرون مرجون لأمر الله إما يعذبهم وإما يتوب عليهم والله عليم حكيم

"Dan ada (pula) orang-orang lain yang ditangguhkan sampai ada keputusan Allah, adakalanya Allah akan mengazab mereka dan adakalanya Allah akan menerima taubat mereka. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana".

----------

Takbir Id

 الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد.

 الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه، مخلصين له الدين، ولو كره الكافرون، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد.

 الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله وحده، صدق وعده، ونصر عبده، وأعز جنده، وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد.

(Saat Idul Adlha Tahun 1436 H Syaikhuna Maimoen membaca takbir dengan shighot di atas, dan pada akhir takbir menambahkan sholawat, seperti ini):

* الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه، مخلصين له الدين، ولو كره الكافرون، لا إله إلا الله والله أكبر، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم الله أكبر.

* الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله وحده، صدق وعده، ونصر عبده، وأعز جنده، وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله والله أكبر، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم الله أكبر.

Source: https://goo.gl/eofLTt (Kanthongumur)

Sarang, Selasa Legi, 30 Ramadan 1437 H/ 5 Juli 2016 M
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB