Senin, 18 Juli 2016

Dari Maroko, Anak 14 Tahun Ini Terbang ke Indonesia Sendirian Demi Bertemu Kiai Maimoen Zubair


Oleh Moh Nasirul Haq

DutaIslam.Com - Ibrahim, dia seorang anak tampan berkebangsaan Maroko yang pada tanggal 15-7-2016 sowan ke Mbah mun Sarang. Usianya masih 14 tahun dan dia baru saja lulus dari sekolah i'dadiyah (kalau di Indonesia mirip SMP) di Maroko.

Maroko, ayahnya memiliki beberapa rumah yang disewakan untuk tempat tinggal pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di sana. Dan pelajar yang tinggal di sana tidak dipungut biaya sedikit pun.

Nah, saat kelulusan kemarin bocah itu mendapatkan ranking dengan nilai tertinggi di sekolahnya sehingga membuat ayahnya senang dan mempersilahkan Ibrahim untuk mengajukan permintaan. Apa saja yang akan diminta olehnya akan dituruti.

Ternyata dia punya permintaan berkunjung ke Indonesia menemui Mbah Maimoen Zubair bersama orang yang ia kenal. Sebelumnya, Ibra -panggilan Ibrahim, mengenal Mbah Maimoen karena sering mendapatkan cerita dari salah satu pelajar yang tinggal di rumahnya, yang kebetulan juga pernah mondok di Sarang, Rembang.

Di Maroko, Ibra mengenal KH Maimoen Zubair sebagai sosok sepuh yang alim, memiliki cakrawala luas dan menelurkan banyak santri yang kemudian hari jadi ulama'. 

Dia pun dizinkan pergi ke Indonesia oleh ayahnya. Hebatnya, Ibra datang ke Indonesia sendirian. Hanya dijemput di bandara oleh kenalan yang pernah tinggal di rumahnya dan langsung sowan ke ndalem simbah Maimoen Zubair.

Ibra mengaku sangat senang saat melihat wajah Mbah Maimoen yang  ramah. Mbah Moen pun kagum atas keberanian anak itu.

Perbincangan mereka berdua terlihat asyik meski beda usia. Mbah Maimoen bercerita pernah berkunjung ke Maroko dan shalat di Masjid Al Hasan Tsani yang merupakan masjid terbesar di Maroko. 

Beliau juga berkisah mengisi ceramah di beberapa institusi di sana. Rencananya, Ibrahim akan tinggal 1 satu bulan di Indonesia. [dutaislam.com/ ab]

Source: KBAswaja
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini