Selasa, 28 Juni 2016

Ini Tatakrama Tidur yang Diajarkan Ulama


DutaIslam.Com - Jika engkau hendak tidur maka lakukanlah 8 adab berikut ini.

1. Gelarlah tempat tidur agar memudahkanmu menghadapkan wajah dan anggota tubuh ke arah qiblat. "Jika memungkinkan tidurlah dengan anggota tubuh kanan sebagai tumpuan layaknya posisi mayat yang ditidurkan di dalam liang lahatnya."

2. Ingatlah selalu bahwa perumpamaan tidur adalah layaknya kematian dan saat kau bangkit dari tidur adalah perumpamaan kau dibangkitkan dari kuburmu.

3. Ingatlah bahwa mungkin Allah hendak mencabut ruhmu di malam itu. Maka persiapkan dirimu utk bertemu dengan Nya yakni bersucilah dahulu dengan berwudlu.

4. Tulislah wasiatmu di bawah bantal/di bawah pipi. Sebab kau tidak tahu apakah nanti bisa bangun lagi atau tidak. Kelak di alam barzah orang yang tidak meninggalkan wasiat (terutama tentang hutangnya atau tentang kewajiban nadzar yang ditinggalkanya) maka ia akan terlihat miskin.

5. Tidurlah dalam keadaan taubat dari segala dosa, perbanyak istighfar (barang siapa membaca "Astaghfirullohal 'addhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi" 3x, maka Alloh akan mengampuni dosanya), ber'azam untuk tidak akan mengulang ma'siat tersebut jika nanti engkau bangun, ber'azam untuk berbuat kebaikan kepada sesama muslim. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa memulai tidur dengan tanpa ada niat mendzalimi seseorang, tidak ingin menyakiti mereka, maka diampuni dosanya."

6. Jangan terbiasa tidur kecuali sudah sangat ngantuk, kecuali jk ingin membantu agar bisa qiyaamullail di akhir malam. Hindari tidur pada kasur yang empuk dan lembut yang melalaikan untuk segera bangun kala fajar datang. Ingatlah bahwa tidur bisa mengurangi usia. Kecuali jika tidurmu bisa menyelamatkan dari rusaknya agamamu. Ingatlah bahwa sehari semalam ada 24 jam. Jika tidurmu dalam sehari semalam lebih dari 8 jam, maka saat kau diberi usia 60th berarti 20th darinya kau sia-sia kan dengan memakainya untuk tidur.

7. Persiapkan siwak dan alat bersucimu sebelum tidur. Pastikan di Kamar Mandi ada airnya agar memudahkan untuk bersuci setelah bangun. Niatilah tidur untuk bisa tahajjud atau bisa bangun untuk qiyaam sebelum subuh. Sebab sholat di waktu ini merupakan simpanan di antara beberapa simpanan yang amat berharga kelak. Perbanyak simpananmu sebelum datang masa faqirmu di alam qubur maupun di hari qiyamat. Sebab simpanan harta duniamu tidak akan bermanfaat jika kau telah mati.

8. Perbanyak berdoa sebelum, saat terbangun dan setelah tidur.

Source: Kitab Maroqil Ubudiyyah karya Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantany ala Matnil Bidayah wan Nihayah karya Hujjatul Islam Abi Hamid al-Ghazali, Semarang: Toha Putra, hlm. 41-42.
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini