Kamis, 30 Juni 2016

Dalil Ucapan Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin


DutaIslam.Com - Seolah menjadi suratan atas lahirnya kelompok Salafi-Wahabi yang selalu menyalahkan, membidahkan dan sebagainya. Kali ini mereka menyoal ucapan di hari raya yang berlaku di negeri kita. Benarkah salah? Tidak benar. Menurut ulama Salafi Syaikh Utsaimin dapat disimpulkan bahwa ucapan yang berlaku di masyarakat Muslim tidaklah salah, karena tidak ada ketentuan khusus dalam mengucapkan selamat di hari raya:

وسئـل الشيخ ابن عثيمين : ما حكـم التهنئة بالعيد ؟ وهل لها صيغة معينة ؟ فأجاب : "التهنئة بالعيد جائزة ، وليس لها تهنئة مخصوصة ، بل ما اعتاده الناس فهو جائز ما لم يكن إثماً" اهـ

Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang hukum ucapan selamat di hari raya, apakah ada redaksi khusus? Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab: Ucapan selamat di hari raya adalah boleh. Tidak ada bentuk ucapan secara khusus. Bahkan apa yang menjadi kebiasaan masyarakat adalah boleh, selama tidak mengandung dosa"

Apakah ucapan "Maaf Lahir Batin" berdosa Syaikh?

 سئل فضيلة الشيخ : عن عبارة " كل عام وأنتم بخير " ؟ فأجاب بقوله : قول : " كل عام وأنتم بخير " جائز إذا قصد به الدعاء بالخير . مجموع فتاوى ورسائل العثيمين - (3 / 125)

Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang redaksi ucapan selamat "Semoga setiap tahun Anda dalam kebaikan"? Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab BOLEH jika ditujukan untuk doa kebaikan (Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 3/125)

Jika ulama Salafi di Saudi membolehkan, mengapa muridnya di Indonesia melarang?

Ma'ruf Khozin, anggota Aswaja NU Center Jatim 
(Nahdliyin mengamalkan, dalilnya kami sampaikan)
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini