Jumat, 27 Mei 2016

Cara Shalat Sunah Tasbih dan Dalil Haditsnya

tatacara sholat tasbih

DutaIslam.Com - Dalam banyak kesempatan, kita dianjurkan melakukan salat sunah. Dan, shalat sunah banyak macamnya. Diantara yang sering kita amalkan adalah Salat Tasbih. Cara shalat Tasbih bisa Anda baca di tabel foto di atas. Berikut ini adalah dalil sunnahnya melaksanakan shalat tasbih sebagaimana telah ditabelkan di atas. Dengan mengetahui dalil InsyaAllah kita semakin yakin bahwa amal ibadah kita akan diterima oleh Allah.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ أَلَا أُعْطِيكَ أَلَا أَمْنَحُكَ أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا أَفْعَلُ بِكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيمَهُ وَحَدِيثَهُ خَطَأَهُ وَعَمْدَهُ صَغِيرَهُ وَكَبِيرَهُ سِرَّهُ وَعَلَانِيَتَهُ عَشْرَ خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَسُورَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقِرَاءَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَهْوِي سَاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُولُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُرِكَ مَرَّةً

1297. Dari Ibnu Abbas RA, bahwasanya Rasulullah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muththalib, "Wahai Abbas, pamanku, sukakah paman aku beri, aku karuniai, aku beri hadiah istimewa, aku ajari sepuluh macam perbuatan yang dapat menghapus sepuluh macam dosa? Jika paman mengerjakan itu, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa paman, baik yang pertama dan yang akhir, yang lama dan yang baru, yang tanpa disengaja dan yang disengaja, yang kecil dan yang besar, yang tersembunyi dan yang terang-terangan. 

Sepuluh macam perbuatan itu ialah: Shalat empat rakaat, tiap rakaat membaca Al Fatihah dan surah, selesai membaca itu dalam rakaat pertama, lalu bacalah ketika masih berdiri, "Subhaanalla wal hamdu lillaahi, wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar (Maha Suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar)" sebanyak lima belas kali. 

Kemudian ruku', dan dalam ruku ini membaca seperti bacaan di atas sebanyak sepuluh kali, i'tidal dari ruku' membaca lagi sepuluh, setelah itu turun untuk sujud membacanya lagi sepuluh kali, mengangkat kepala dari sujud membaca lagi sepuluh kali, terus sujud dan membacanya sepuluh kali lagi. Kemudian mengangkat kepala dari sujud (sebelum berdiri) dan di waktu duduk membaca pula sepuluh kali. Jadi jumlahnya ada tujuh puluh lima kali dalam setiap rakaat.

Kamu dapat melakukannya dalam empat rakaat. Jika kamu sanggup mengerjakannya sekali dalam sehari, kerjakanlah. Jika tidak dapat, bolehlah setiap Jum'at, kalau kamu tidak dapat pula, maka setahun sekali, dan kalau masih tidak bisa juga, maka sekali dalam seumur hidup. " (HR Abu Dawud, Hadis Shahih) [dutaislam.com/ ab]

Penulis: Ustadz Ma'ruf Khozin
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini