Jumat, 06 Mei 2016

Bagaimana Bentuk Kendaraan Buroq Nabi Saat Isra' Mi'raj?


DutaIslam.Com - Tanya Jawab Seputar Isra' Mi'raj oleh Ustadz Ma'ruf Khozin

1. Pada setiap langit yang dipijak, Nabi Muhammad bertemu dengan nabi siapa saja?? Dan apa keistimewaan nabi tersebut sehingga menempati di tiap-tiap langit

Jawaban:
Dalam hadis riwayat al-Bukhari dijelaskan: Di langit 1 bertemu Nabi Adam, langit 2 Nabi Isa dan Yahya, langit 3 Nabi Yusuf, langit 4 Nabi Idris, langit 5 Nabi Harun, langit 6 Nabi Musa dan langit 7 ada Nabi Ibrahim. 

Hampir tidak ada ulama yang menjelaskan hikmah dari pertemuan para Nabi tersebut. Kecuali al-Suyuthi, diantaranya bertemu Nabi Adam sebagai isyarat diangkat menjadi Nabi pertama. Bertemu Nabi Isa dan Nabi Yahya sebagai isyarat dimusuhi oleh masyarakatnya. Bertemu Nabi Yusuf sebagai isyarat diusir oleh keluarga sendiri (hijrah) dan seterusnya sampai ketemu Nabi Ibrahim sebagai isyarat Rasulullah akan melaksanakan haji wada'. Namun hal ini sebagai analisa ulama saja. 

2. Bagaimana sejatinya kita memaknai peristiwa Isra' dan Mi'raj ini?

Jawaban:  
Karena Isra' dan Mi'raj poin utamanya adalah salat maka makna yang kita ambil adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan salat kita.

فذكر فان الذكرى تنفع المؤمنين
Berilah peringatan. Sebab peringatan akan berguna bagi orang orang beriman (al Dzariyat 55)

3. Apakah pada waktu Rasulullah sampai di Arsy, beliau melihat langsung Allah S.W.T?

Jawaban:
Pada hadis tentang Mi'raj memang secara teks menunjukkan Rasulullah dapat melihat Allah. Namun syaikh Mustafa Daib al Bigha memberi catatan begini:

(ﺩﻧﺎ اﻟﺠﺒﺎﺭ) ﻫﺬا ﻣﻦ اﻟﻤﺘﺸﺎﺑﻪ اﻟﺬﻱ ﺗﻮﻫﻢ اﻟﺘﺸﺒﻴﻪ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺣﻤﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻇﺎﻫﺮﻩ ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﺗﺄﻭﻳﻠﻪ ﺑﻤﺎ ﻳﻠﻴﻖ ﺑﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻓﻘﻴﻞ ﻫﻮ ﻣﺠﺎﺯ ﻋﻦ ﻗﺮﺑﻪ اﻟﻤﻌﻨﻮﻱ ﻭﺇﻇﻬﺎﺭ ﻣﻨﺰﻟﺘﻪ ﻋﻨﺪ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

"Allah mendekat" hadis ini termasuk Mutasyabih yang mengarahkan seolah Allah sama dengan Makhluk. Maka tidak boleh memaknai secara teks. Tapi wajib mentakwil dengan sesuatu yang layak bagi Allah. Ada pendapat bahwa yang dimaksud adalah dekat secara maknawi (seperti Allah bersama kita). Syarah Hadis al-Bukhari

4. Seperti apa gambaran/asal usul "Bouroq" atau makhluk yang diciptakan Allah untuk mengantar Nabi Muhammad naik ke langit?

Jawaban:
Buraq yang digambarkan dalam hadist:

ﻭﺃﺗﻴﺖ ﺑﺪاﺑﺔ ﺃﺑﻴﺾ، ﺩﻭﻥ اﻟﺒﻐﻞ ﻭﻓﻮﻕ اﻟﺤﻤﺎﺭ: اﻟﺒﺮاﻕ


Didatangkan kepada saya hewan putih, lebih kecil dari bighal dan lebih besar dari keledai (HR al-Bukhari). 

Selebih dari penjelasan ini hanya Allah yang tahu. Silahkan share semoga bermanfaat. [dutaislam.com/ab]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini