Dutaislam.com Mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1439 H. Kamis, 21 September 2017

  • Pengaruh Bergaul dengan Teman Terhadap Kesehatan

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Kamis, 28 April 2016
    A- A+

    Oleh Dr. Berlian Siagian 

    Berbahagialah Anda yang memiliki banyak teman. Beberapa penelitian terbaru menemukan bukti bahwa menikmati kehidupan sosial yang aktif dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
    Para ilmuwan percaya bahwa menghabiskan waktu dengan teman-teman akan membuat hidup lebih sehat secara mental dan fisik, terutama bagi mereka yang sudah berusia 40-60 tahun ke atas.

    Berikut adalah lima (5) alasan ilmiah yang menunjukkan pengaruh kehadiran seorang teman pada tingkat kesehatan seseorang:

    1) Mengurangi risiko demensia.
    Memiliki kehidupan sosial yang sangat aktif dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer yang cukup besar sekitar 70 persen, menurut temuan baru yang diterbitkan dalam Journal of International Neuropsikologi Society.

    2) Membuat Anda tetap fit.
    Penelitian terbaru dari para peneliti Australia yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition dan Aktivitas Fisik menemukan bahwa teman atau teman memiliki pengaruh langsung pada tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan makan.

    3) Mempertajam otak Anda.
    Untuk menjalin komunikasi yang baik dengan teman-teman melalui instant messaging atau media jejaring sosial akan mendorong fungsi kognitif Anda. Ini seperti memecahkan teka-teki silang, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan, USA.

    4) Meningkatkan kesehatan.
    Memiliki hubungan yang saling mendukung dapat menunda proses penuaan. Penelitian terbaru dari Brandeis University menemukan bahwa jaringan sosial yang kuat - terutama bila dikombinasikan dengan latihan fisik - dapat menunda penurunan kesehatan hingga sepuluh tahun.

    5) Hidup lebih lama.
    Hubungan yang kuat dengan teman-teman dan keluarga dapat meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup hingga sekitar 50 persen, menurut  Penelitian terbaru oleh para ilmuwan dari Universitas Brigham Young.    

    6.) Berjiwa muda.
    Harus lebih banyak bersosialisasi dgn yg muda muda tapi tetap yang lebih tua pun kita keep relationship supaya minimal punya jiwa semangat muda terus walaupun umur terus bertambah.

    Semoga bermanfaat!
    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: