Minggu, 06 Maret 2016

Lomba Esai Islam Nusantara

DutaIslam.Com - Jakarta

Lomba Essay 


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membuka kompetisi esai dengan topik Islam Nusantara. Lomba yang digawangi oleh Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) PBNU ini digelar untuk mendukung pertemuan besar yakni ‘Interntional Summit of The Moderate Islamic Leaders’ (Isomil).

Acara pertemuan antara para pemimpin negara dan organisasi Islam se-dunia ini akan diselenggarakan 9-11 Mei 2016 mendatang di Jakarta dengan mengambil tema ‘Islam Nusantara: Inspirasi Peradaban Dunia’. (Baca: PBNU Agendakan International Summit of The Moderate Islamic Leaders)

“Kompetisi ini sebagai rangkaian publikasi dan kampanye Islam moderat di Indonesia dan dunia sehingga Islam Nusantara dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat nasional dan internasional,” ujar Koordinator Dokumentasi dan Publikasi Isomil, H Juri Ardiantoro lewat pesan singkatnya kepada NU Online, Jumat (4/3).

Lewat esai-esai yang terkumpul nanti, lanjut Juri, akan memberi informasi kepada masyarakat terkait pemahaman Islam Nusantara secara mendalam sehingga muncul pengertian dan kesadaran baru dari masyarakat tentang Islam Nusantara.

“Hasil kompetisi ini juga untuk meminimalisir prasangka sekaligus memberi pemahaman secara luas terkait Islam Nusantara kepada masyarakat,” ucap Ketua LTN PBNU ini sembari menerangkan bahwa esai-esai terpilih akan dibukukan dan bukunya akan dibuat rangkuman singkat (summary) dalam bahasa Arab dan Inggris untuk dibagikan kepada para delegasi summit.

“Hasilnya akan menjadi referensi bagi masyarakat dunia, minimal peserta summit,” tegasnya.

Poster Lomba Essay

Pelaksanaan kompetisi
Untuk pengiriman naskah esai yaitu dimulai 1 Maret-April 2016. Naskah diterima panitia paling lambat 5 April 2016 pukul 24.00 WIB.

Tema penulisan dalam kompetisi ini yaitu: pertama, gagasan Islam Nusantara sebagai inspirasi peradaban dunia. Kedua, pengalaman muslim/komunitas dalam merawat perdamaian, melawan radikalisme, meredam terorisme. Ketiga, pemikiran dan nilai-nilai keteladanan Ulama Nusantara tentang perdamaian, moderatisme, toleransi, dan prinsip kebangsaan sebagai inspirasi peradaban muslim dunia.

Dalam ketentuannya, peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu naskah esai. Naskah merupakan karya perorangan dan belum pernah dipbulikasikan di media mana pun. 3 (tiga) naskah pemenang dan 20 (dua puluh) naskah terbaik akan diterbitkan dan dibagikan di Konferensi Isomil 2016.

Panduannya, naskah esai terdiri dari 3.000-4.000 kata, naskah dikirm dalam bentuk Microsoft Word. Adapun urutan halaman naskah esai adalah sebagai berikut: (a) Lembar judul, topik; (b) Lembar orisinalitas karya; (c) Ringkasan esai; (d) Isi esai; (e) Lembar data diri peserta. Kemudian, naskah esai dikirim melalui email: isomil.pbnu@gmail.com.

Adapun hadiah untuk para pemenang yaitu, Juara I: Rp 5 juta + paket buku + sertifikat; Juara II: Rp 3 juta + paket buku + sertifikat; Juara III: Rp 2 juta + paket buku + sertifikat. Untuk contact person dapat menghubungi saudari Ningsih di nomor ponsel: 0813 4367 0067. (NU Online/Fathoni)
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini