Rabu, 24 Februari 2016

Islam: Memberi Energi dan Inspirasi

Seminar: salah satu agenda Islam Cinta

DutaIslam.Com - Festival Islam Cinta 2016, yang diselenggarakan di UIN Malik Ibrahim, Malang, Jawa Timur, 24 Februari 2016, mengusung pesan penting untuk wacana keagamaan di negeri ini. Festival Islam Cinta, menegaskan tentang pentingnya menyebarkan toleransi, perdamaian dan cinta di media sosial.

Candra Malik, Wakil Ketua Lesbumi PBNU, mengungkapkan bahwa Islam Cinta memberi energi sekaligus inspirasi bagi anak-anak muda masa kini. "Islam Cinta memberi pesan penting, bahwa anak-anak muda perlu bergerak untuk membawa pesan perdamaian,"ungkap Candra Malik, yang juga dikenal sebagai penyair dan budayawan.

Pada sesi diskusi buku Semesta Cinta, menemani penulis buku, Dr. Haidar Bagir, Candra Malik menegaskan betapa pentingnya untuk mengkaji gagasan-gagasan para sufi, sebagai inspirasi Islam yang damai. "Tugas utamanya adalah, bagaimana mendekatkan Ibn Arabi, Maulana Rumi, dan tokoh-tokoh sufi dunia, dalam bahasa dan akal yang dapat dijangkau anak muda masa kini. Karena, dengan mengkaji nilai-nilai sufi dan pemikiran para ulama, maka akan mendapatkan inspirasi untuk Islam Cinta," tegas Candra Malik.

Pada sisi lain, Dr. Haidar Bagir menegaskan bahwa Islam Cinta itu merupakan bagian dari kampanye untuk mengajak generasi muda aktif dalam menyebarkan gagasan kebaikan. "Sekarang kita harus berani berbicara, menulis, dan menyebarkan gagasan tentang Islam sebagai rahmat. Kelompok radikal yang melakukan tindak kekerasan itu sebenarnya sedikit, namun mereka berteriak lantang sehingga menjadi seolah-olah besar. Komunitas muslim yang penuh toleransi, saya kira lebih besar, tapi hanya diam. Inilah saatnya untuk berani menyebarkan gagasan tentang Islam yang damai, Islam yang penuh welas asih, Islam Cinta," ungkap Haidar Bagir, ketika membedah buku Semesta Cinta, terbitan Noura Books.

Dalam agenda ini, diluncurkan buku terbaru dari Serial Islam Cinta, tentang pemikiran dan syair-syair Rumi, yang ditulis oleh Dr. Haidar Bagir.

Agenda Festival Islam Cinta 2016 ini, juga dihadiri oleh Prof. Dr. Mahfudh MD, KH. Agus Sunyoto (Ketua PP Lesbumi PBNU), Prof. Dr. Syamsul Arifin (Universitas Muhammadiyah Malang), Putut Widjanarko (Mizan), Irfan Amalee (Peace Generation) dan KH. Zawawi Imron. Agenda Festival Islam Cinta ini, dihadiri lebih dari 2500 peserta dari mahasiswa, dosen, guru, komunitas dan pegiat lintas agama [dutaislam.com/ muiz/ab].
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini