Jumat, 01 Januari 2016

Rahasia Cara Mandi Dari Rasulullah

DUTAISLAM.COM. Rasulullah SAW mengajarkan tata cara mandi yang sangat bagus buat kesehatan. Pertama, sebelum masuk kamar mandi tentu berdoa dulu (sudah tahu kan doa'a mandi)
. Lalu, masuklah kamar mandi dengan kaki kiri terlebih dahulu. Ini ternyata sangat bermanfaat. Dengan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu, kita terhindar dari licin lantai atau pelatarannya, sehingga tidak akan terpeleset. Seperti turun dari bus.

Lagi, Rasulullah itu mandi di bejana. Mungkin sekarang semacam bath up. Hal ini dilakukan Rasul karena bermanfaat untuk kesehatan, yakni agar suhu panas badan dapat menguap ke atas secara perlahan-lahan melalui kepala.

Praktisnya, sekarang kalau mandi siramlah terlebih dulu kaki kiri kita segayung, kanan segayung. Perlahan naik siram paha, perut dan pundak. Berhentilah sebentar agar panas tubuh menguap perlahan melalui kepala (rasakan tubuh Anda)

Setelah itu, bisa dilanjut dengan membersihkan tubuh menggunakan sabun sambil menunggu panas tubuh menguap semua. Stlh itu baru disiram kepalanya. Jika kepala dulu yang disiram, akan bahaya karena suhu panas tubuh tidak dapat keluar. Ini bisa mengakibatkan pembuluh darah di kepala beku/ tersumbat, bahkan pecah, yang bisa berakibat stroke. Lihatlah, banyak orang stroke kumat berawal dari kamar mandi. Ilustrasinya seperti korek api. Panas apinya naik ke atas, beda dengan air yang akan turun ke bawah. 

Perhatikan tata urutan mandi tersebut. Ingat, selesai mandi keluarlah dengan kaki kanan dahulu.
Pastikan bahwa alat mandi dan sabun Anda terbuat dari bahan yang suci/halal. Masyallah, dibalik sunnah Nabi, ada keberkahan kesehatan yang harus terus kita gali. [ab]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini