Ciri Ahlussunnah Waljama'ah
Cari Berita

Advertisement

Ciri Ahlussunnah Waljama'ah

Kamis, 19 November 2015
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Bagaimana caranya mengenal aliran atau kelompok dalam Islam? Terutama mengenal aliran atau kelompok Ahlussunnah Wal Jamaah?

Di dalam kitab Syarah Irsyadul Ibad karya Imam al-Fadhil as-Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al-Malibari dijelaskan bahwa:

"Ciri kelompok atau golongan Asli Ahlussunnah wal jamaah adalah kelompok atau golongan yang banyak membaca sholawat kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam." (Diriwayatkan oleh Abul Qashim at Taimiy).

Jika akhir akhir ini ada kelompok atau golongan yang melarang membaca sholawat, benci kepada majlis sholawat, membid'ahkan orang yg membaca sholawat atau sholawatan, maka mereka bukanlah termasuk kelompok Ahlussunnah wal Jamaah.

Mereka yang anti sholawatan (membaca sholawat) adalah kelompok baru yang justru disebut sebagai ahlul bid'ah sejati karena tidak mau mengikuti ajaran Rasulullah, sahabat nabi, para tabi'in dan tabiit tabi'in (Para Imam Madzhab) dan membuat madzhab sendiri.

Mereka termasuk sesat karena membawa ajaran tajsim dan tasybih (menganggap Allah berwujud, berjasad / berbentuk dan menyerupai mahluk ciptaan Allah). Mereka sebagai penerus aliran Mujassimah, Musyabihah dan Khawarij.


Mereka sesat karena tidak mau mengikuti fatwa ulama Salaf seperti pendapat para imam madzhab dan hanya mengikuti ulama dan para pimpinannya sendiri yang bukan tergolong sebagai ulama Salaf (walaupun mereka menyebut dirinya salafi). 

Maka, jika kita mengaku sebagai bagian dari golongan atau kelompok Ahlussunnah Waljamaah, perbanyaklah baca sholawat, hadiri majlis sholawat, laksanakan sholawatan disetiap event, setiap waktu dan setiap kesempatan. [dutaislam.com/ ab]

Ditulis Buya H Amar Ma'ruf, Majelis Ta'lim Dzikrul Muhajirin, Depok Jawa Barat

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB